Cara Mudah Mengatasi Footer Tidak Tercetak Saat di Print

Print dan footer biasanya ada dalam Word, tentu tidak asing dan sering kali digunakan oleh pengguna media elektronik. Pengguna juga kerap kali melakukan aktifitas dalam bentuk print dokumen dan saat melakukannya terdapat permasalahan yang dinilai serius pada dokumen yang akan di print terdapat bagian footer (halaman) yang tidak tercetak.

Nomor halaman pada dokumen microsoft word juga telah dicantumkan. Semestinya permasalahan tersebut dianggap tidak terlalu rumit, akan tetapi hal tersebut dianggap rumit apabila seorang pengguna mendapat tuntutan tugas yang mengharuskan pekerjaannya yang terdapat banyak footer pada dokumennya untuk segera di print.

Sebenarnya pada permasalahan footer yang hilang saat di print, solusinya hanya terletak pada ukuran kertas dokumen saat akan di print, sudah sesuaikah dengan ukuran dokumen yang akan di print tersebut? Hal tersebut menjadi jawaban yang ampuh dalam mengatasi permasalahan diatas, dan letak solusi tersebut ada dalam peraturan aplikasi Microsoft Word.

Cara Mengatasi Footer Tidak Tercetak Saat Di Print

Proses print dengan menggunakan ukuran kertas A4 sudah semestinya menggunakan pengaturan kertas yang ada di Word dengan mengubah ukuran kertas A4, begitu juga dengan penggunaan ukuran kertas F4 juga mengubah pengaturan kertas F4. Pengaturan ukuran kertas tersebut disesuaikan dengan dokumen yang akan di print, untuk cara mengatasi footer yang tidak tercetak, dapat dipahami langkah-langkahnya dibawah ini:

  1. Tekan CTRL + P pada keyboard 
  2. Kemudian terdapat pengaturan print, klik menu Page Setup
  3. Kemudian pilih Paper, atur ukuran kertas sesuai dengan dokumen yang akan di cetak
  4. Klik OK dan dokumen siap untuk di print.

Terdapat tips atau cara lain yang melibatkan support office dalam mengatasi footer yang tidak tercetak, dengan mengatur batas minimum margin pada printer. Karena hal tersebut juga menjadi salah satu penyebab footer tidak tercetak. Langkah-langkahnya terdapat dibawah ini:

  1. Memilih menu Design dan pilih menu Page Border
  2. Kemudian pada bagian kanan bawah klik menu Option 
  3. Lalu ubah Measure Form dari Edge Of Page menjadi Text
  4. Kemudian klik OK dan Print ulang dokumen tanpa footer terpotong.

Cara lain juga dengan mengoperasikan menu:

Layout Margins Custom margin,  lalu isikan sesuai dengan keinginan pengguna.

Berbagai cara di atas memungkinkan pengguna agar lebih mudah dalam mengeprint dokumen tanpa footer terpotong. Footer biasa dikenal dengan catatan atau tulisan yang letaknya pada bagian bawah dokumen yang akan muncul terus-menerus sampai dokumen terakhir, dan pengaturannya akan berubah jika aturan kertas pada Microsoft Word tidak diatur sesuai dengan ukuran cetak dokumen yang diinginkan.

Banyak langkah yang dapat dijadikan pedoman dalam mengatasi permasalahan footer yang tidak tercetak saat di print. Pengguna bisa memilih langkah mana yang dianggap mudah untuk dicontoh, kemudian menerapkannya jika terdapat permasalahan seperti footer tidak tercetak saat di print. Sumber rujukan yang tepat dan mudah untuk dipahami oleh pengguna, hanya dengan mengaplikasikan menu-menu yang ada pada program aplikasi microsoft word dengan tepat.

Cukup singkat informasi dari langkah-langkah dalam mengatasi footer yang tidak tercetak saat di print. Pengaturan ukuran kertas pada Microsoft Word menjadi solusi jitu yang dapat dibagikan bagi pengguna yang mengalami permasalahan yang sama. 

Tinggalkan komentar