Cara Merapikan Titik Dua di Word Semua Versi Tanpa Ribet

Sebagai penggunaan Word seringkali sedikit kesulitan dengan cara merapikan titik dua pada dokumen, baik itu dokumen yang sifatnya formal maupun non formal, yang biasanya berisikan data diri seseorang. Kebanyakan dari pengguna menggunakan ruler yang letaknya pada bagian atas dokumen. Pengguna merapikan titik dua tersebut secara satu persatu. Untuk merapikan titik dua sebenarnya cukup mudah, akan tetapi ada pengguna yang kurang memahami caranya hingga beranggapan hal tersebut sulit untuk diterapkan.

Cara merapikan titik dua di Word terbilang cukup mudah, dan langkah-langkahnya tergantung dari penggunanya. Setiap pengguna memiliki cara mudahnya tersendiri dalam hal merapikan titik dua di word. Jangan dianggap sulit suatu pekerjaan bila pengguna tidak banyak mencoba cara-cara lain yang dianggap mudah.

Tips Mudah Dalam Merapikan Titik Dua di Word

Aplikasi Microsoft Word merupakan aplikasi yang banyak di pergunakan dalam membuat suatu dokumen penting maupun penulisan karya tulis ilmiah, salah satunya ialah untuk memudahkan penggunanya dalam merapikan titik dua, kali ini  terdapat 3 cara yang dapat dipergunakan dalam membuat titik dua agar terlihat rapi saat dilihat, langkah-langkah tersebut dapat di fahami sebagai berikut:

  1. Menggunakan komponen atau tombol yang ada pada Keyboard dan tombol Tab di sebelah kiri keyboard untuk merapikan titik dua pada dokumen, dengan lengkah pertama membuka dokumen dengan tulisan yang terdapat simbol titik dua. Seperti pada dokumen data diri (biodata), kemudian kursor keyboard mengarah pada huruf terakhir tulisan yang paling panjang, tekan Tab dan beri titik dua (:), lalu pindah ke arah tulisan lain dan lakukan hal yang sama, tekan Tab lalu tekan titik dua(:), dan jika posisinya belum sejajar, tekan tombol Tab lagi hingga kursornya sejajar, setelah itu baru beri tanda titik dua (:).
  2. Langkah kedua ialah dengan mengatur Ruler atau penggaris pada Word, dengan hanya menggeserkan tanda L pada ruler dan sesuaikan dengan simbol titik dua, biasanya penggunaan ruler di Word secara otomatis muncul, dan apabila belum muncul maka pilih tab menu View lalu centang tanda kotak yang terdapat kata Ruler. Pengguna jangan sekali-kali menggunakan spasi untuk merapikan tanda titik dua (:), setelah semua tanda titik dua telah selesai dirapikan, kemudian tekan Ctrl + A.
  3. Langkah ketiga ialah dengan membuat tabel sebagai alternatif untuk merapikan titik dua (:) di Word pada tab menu Insert, kemudian atur dan tentukan baris dan kolomnya, isi data pada tabel, lalu masukkantanda titik dua (:) pada kolom kedua. jarak kolom 1 dan kolom 2 di rapikan terlebih dahulu dengan menggeser garis tabel.Kemudian hilangkan garis tabel dengan cara menghapus semua bagian tabel, klik Borders, dan pilih No Border, klik Selesai.

Terdapat cara simple dan ribet dalam merapikan titik dua pada word, penerapannya tergantung dengan pengguna. Tidak harus berpatokan dengan cara yang ribet, akan tetapi pengguna dapat menerapkannya dan dapat menyelesaikannya dengan cepat tanpa harus lama-lama mengedit banyak titik dua agar lurus dengan kalimat dibawahnya.

Ketiga cara yang dipergunakan dalam merapikan titik dua di Word dapat dilakukan dengan baik. Berbagai cara di atas dapat dilakukan pada berbagai cara atau versi yang ada pada aplikasi Microsoft Office Word, siapa saja dapat melakukannya sendiri.

Tinggalkan komentar