Cara Menghapus Garis Merah di Word Kurang Dari Semenit

Pada awal menggunakan Microsoft Word, ada beberapa kata yang terlihat dengan tanda garis merah dibawah huruf dan ada juga yang bertanda hijau pada setiap kata yang ketik pada laptop. Garis merah atau hijau tersebut merupakan salah satu fitur yang telah ada pada aplikasi Word. Fitur tersebut memiliki nama proofread yang bermanfaat untuk melihat ada atau tidaknya kesalahan kata-kata maupun susunan kalimat.

Adanya garis merah tersebut menandakan terdapat kesalahan kata maupun kalimat, yang nantinya akan banyak bermunculan garis merah tersebut bila terdapat banyak kesalahan pada tulisan. Karena proofread tersebut menggunakan pengaturan dalam bahasa Inggris sedangkan saat digunakan untuk menulis ialah dengan menggunakan bahasa Indonesia, dan
bila garis merah tersebut tidak muncul lagi saat menggunakan Word, itu artinya cara penggunaan proofread tersebut sudah benar.

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word?

Seperti yang telah dibahas pada penjelasan diatas bahwa adanya tanda garis merah atau hijau pada tulisan atau ketika di Word yang di akibatkan pada suatu fitur yang bernama proofread yang dihadirkan oleh aplikasi Microsoft Word yang bertujuan untuk membantu dalam mengoreksi penulisan saat mengetik. Bila terdapat dalam pengetikan tersebut, secara otomatis kata tersebut akan bergaris merah atau hijau. Dengan begitu, pengguna akan mudah untuk melihat kata-kata mana saja yang perlu diubah atau diperbaiki.

Garis merah di Word ini sebenarnya sangat membantu pengguna untuk menghindari kata-kata yang salah saat mengetik di Word. Namun, banyak pengguna yang merasa terganggu dengan adanya tanda garis merah pada tulisannya di Word.

Tak jarang terdapat laptop atau komputer yang setiap tulisannya terdapat tanda merah dan hijau setiap kali selesai mengetik lalu menekan tombol enter pada keyboard. Pada artikel ini kini penulis mengetahui sebab musabab akibat dari tanda garis merah tersebut. Penulis mengira tanda garis merah tersebut akibat kutipan langsung yang di copy secara langsung dari web.

Pengaturan pada roofread sudah ada dan menjadi bawaan yang terpasang pada aplikasi Microsoft Word untuk penulisan bahasa Inggris, bukan menggunakan bahasa Indonesia. Maka dari itu dengan manghapus garis merah yang terdapat pada aplikasi Word merupakan solusi tepat yang seharusnya dilakukan pada pengaturan yang ada di Word. Berikut merupakan langkah-langkah menghilangkan garis merah pada aplikasi Microsoft Word 2010 dengan mengeklik Office Button, lalu pilih Word Options pada bagian paling bawah, kemudian nantinya akan ada pilihan Proofing, lalu hilangkan tanda centang pada kalimat check spelling as you type dan grammar errors as you type.

Perlu juga mengunduh pilihan bahasa Indonesia pada pengaturan Microsoft Word. Akan tetapi apabila pengaturan bawaan tersebut telah tertanamkan pada pengaturan yang ada di masing-masing laptop, tanda merah dan hijau tersebut tidak akan muncul saat mengetik dokumen. Penggunaan proofing dapat dilihat dengan mengeklik Proofing, lalu cek toolbar file dan pilih options sesuai pada pengaturan Word yang saat ini sedang pengguna gunakan.

Artikel ini membahas mengenai menghilangkan garis merah di Word, yang sebenarnya singkat saja penjelasannya karena bisa saja pada setiap pengaturan bawaan yang telah tertanam dalam laptop maupun masing-masing komputer pasti memiliki fitur yang berbeda-beda dan tidak terdapat tanda garis merah maupun hijau. Tanda tersebut akan hilang dengan mudah bila pengguna mengikuti langkah-langkah diatas.

Tinggalkan komentar