Cara Mengembalikan File Word Yang Belum Tersimpan (Work)

Penggunaan laptop yang secara tiba-tiba mati sendiri atau dikenal dengan crash. Sedangkan pada saat itu file word sedang dalam proses pengerjaan dokumen dan belum sempat untuk disimpan. Ada juga yang tidak sengaja mematikan laptop atau komputernya dan terlupa untuk menyimpan file word yang sudah dibuatnya. Untuk mengatasi hal tersebut terdapat dua cara yang dapat dilakukan.

Dua  cara tersebut bisa dilakukan bila terlupa untuk menyimpan file di Word. Cara pertama ialah dengan memanfaatkan folder Temporary File. Kemudian, cara kedua dengan menggunakan fitur AutoRecover.

Cara Tepat Untuk Memulihkan File dengan Temporary File

Cara pertama ialah dengan menggunakan fitur Temporary File, yang mana fitur tersebut berfungsi untuk menyimpan sementara file yang dikerjakan di Microsoft Word. Jadi, penulis masih dapat menyimpannya walaupun laptop tiba-tiba mati. Pada penggunaan Word terdapat syarat yakni harus sudah menyalakan fitur AutoSave yang ada, dan apabila tidak sedang menyalakan fitur yang ada di Word tersebut akan sedikit kesulitan dalam menentukan file yang akan disimpan.

Memulihkan file Word dengan cara diatas sangatlah mudah. Pengguna bisa langsung memulihkan file, begitu file hilang karena tidak sengaja tidak tersimpan, dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Membuka perangkat Microsoft Word
  2. Kemudian klik menu File pada halaman awal Microsoft Word.
  3. Klik menu info lalu Manage Document pada menu File.
  4. Kemudian pilih Fitur Recover Unsaved Document.
  5. Pada bagian bawah fitur terdapat beberapa pilihan file yang sebelumnya belum tersimpan.
  6. Kemudian klik pada dokumen yang ingin dipulihkan, maka dokumen akan segera terbuka pada tab Microsoft Word yang baru.

Fitur AutoRecover merupakan cara mengembalikan file yang belum tersimpan di Word. Fungsi dari fitur  AutoRecover tidak jauh berbeda dengan folder Temporary File. Fitur AutoRecover merupakan fitur pengembangan dari Temporary File yang dapat dinikmati bagi pengguna aplikasi Microsoft Word 2010 ke atas. Pada umumnya fitur AutoRecover, secara langsung akan membuat file yang tertutup tanpa tersimpan muncul kembali. Ketika membuka kembali software pada Microsoft Word ada kalanya file tidak bisa langsung muncul.

Bila terjadi permasalahan tersebut, pengguna Microsoft Word harus segera melakukan beberapa langkah dibawah ini:

  1. Buka Microsoft Word pada laptop atau komputer.
  2. Selanjutnya buka File Explorer pada tampilan awal aplikasi Word.
  3. Kemudian cari file dokumen dengan ekstensi .asd kemudian copy file.

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan fitur open sebagai pembuka file yang telah ditemukan sebelumnya. Penggunaan fitur Open, akan muncul pada file yang dibuka tiba-tiba error, akan hal tersebut pengguna Word tidak terburu-buru untuk panik. 

Pengguna hanya perlu mengulangi kembali langkah-langkah di atas, dan dengan menggunakan fitur Open and Repair. Hal tersebut merupakan cara pengguna dalam memperbaiki file ketika sedang dibuka. Cara tersebut dirasa mampu untuk mengembalikan file yang belum tersimpan di Word, dengan dua metode sekaligus.  

Dengan langkah-langkah dalam mengembalikan file word yang belum sempat tersimpan, diharapkan penulis yang biasanya mengalami kejadian tersebut, untuk tetap tenang, dan tidak panik untuk menguatkan agar file yang di buat tidak tiba-tiba hilang begitu saja, dan bilang sering terjadi hal tersebut, penulis harus sering-sering memencet CTRL + S pada keyboard agar sewaktu-waktu laptop atau komputer tiba-tiba mati file tidak langsung hilang.

Tinggalkan komentar