Cara Mengatasi Disk Usage 100% di Windows 10

Biasanya, banyak pengguna Windows 10 mengeluh bahwa laptop atau PC mereka mengalami penggunaan disk 100% terus menerus. Hal ini pun terjadi saat laptop baru saja dihidupkan. Penggunaan disk sebenarnya berfungsi untuk memantau kinerja SSD atau HDD.

Performa penyimpanan mencapai 100% berarti penyimpanan telah sampai pada kapasitas maksimumnya, yang akan mempengaruhi kinerja operasionalnya, biasanya membuat perangkat lambat hingga crash. Dan pastinya Kamu sedang kebingungan bagaimana Cara Mengatasi Disk Usage 100% di Windows 10.

Jadi bagaimana cara memperbaiki penggunaan disk 100% di Windows 10 dengan mudah? Berikut ini Saya akan memberikan pembahasan tentang cara mengatasi disk udage 100% di windows 10 dengan benar dan mudah.

Cara Mengatasi Disk Usage 100% di Windows 10

Sebelum Kamu mengetahui bagaimana Cara Mengatasi Disk Usage 100% di Windows 10, lebh baik Kamu ketahui lebih dahulu apa penyebabnya. ada beberapa penyebab disk di task manager menjadi 100%. Beberapa diantaranya seperti:

  • Ada aplikasi yang mengakses HDD/SSD secara signifikan
  • Sistem sedang menjalankan proses pertukaran memori
  • Performa penyimpanan tidak optimal
  • dan penyebab lainnya

Karena penggunaan penyimpanan yang berlebihan, kinerja laptop mungkin lambat. Juga, menggunakan HDD atau SSD yang tidak wajar/terlalu sering dapat menyebabkan umur panjangnya. SSD, misalnya, akses penggunaan yang berlebihan akan cepat merusak sel penyimpanan di dalamnya.

Ternyata, bukan hanya 100% penggunaan disk yang bisa memperlambat kinerja laptop. Namun juga penggunaan memori CPU atau RAM yang terkadang mencapai 100%. Biasanya kasus ini ditKamui dengan kolom oranye di Task Manager.

Cara mengatasi disk usage 100% dengan mudah

Berikut cara-cara yang perlu Kamu ketahui:

Nyalakan kembali PC atau laptop Kamu

Umumnya, me-restart PC atau laptop adalah solusi ketika layar membeku atau membeku. Dengan cara ini, memulai ulang dapat memperbaiki masalah PC termasuk penggunaan disk 100%. Caranya klik Start lalu pilih opsi restart komputer.

Namun, pastikan sistem dalam keadaan sebagaimana Kamu ingin mematikan PC atau laptop Kamu. Bila setelah restart laptop atau PC tidak ada perubahan, Kamu bisa melanjutkan ke langkah atau cara selanjutnya.

Pembaruan Windows

Pembaruan biasanya memperbaiki beberapa masalah dengan Windows 10, termasuk penggunaan disk 100%. Pastikan perangkat Kamu telah memperbarui windows. Windows 10 memberi Kamu pilihan kapan dan bagaimana mendapatkan pembaruan terbaru, sehingga perangkat Kamu berjalan dengan lancar.

Periksa malware dengan antivirus

Biasanya virus adalah masalah utama yang menyebabkan penggunaan disk 100%. Keamanan perangkat lunak mungkin dapat mengatasi masalah ini, terlepas antivirus Kamu berbayar atau gratis. Kamu dapat memindai perangkat menggunakan antivirus kepercayaan Kamu untuk mendeteksi masalah tersebut.

Kamu dapat menerapkan metode ini beberapa kali ketika penggunaan disk mencapai nilai tinggi (di atas 80%). Dalam beberapa kasus mungkin tidak berfungsi, tetapi setidaknya dapat mengidentifikasi dan menyingkirkan malware.

Nonaktifkan SuperFetch Service

SuperFetch bekerja seperti cache, karena menduplikasi semua file yang biasa digunakan di RAM. Fitur ini membantu program berjalan atau bekerja lebih cepat, tetapi juga dapat memperlambat perangkat Kamu sendiri.

Namun, saat tidak menggunakan perangkat keras terbaru, Layanan Host SuperFetch dapat menyebabkan penggunaan disk yang tinggi. Dengan kata lain, penggunaan disk yang tinggi disebabkan oleh layanan SuperFetch yang mengalami masalah karena tidak diperbarui.

Penutup

Demikian penjelasan dari Saya mengenai cara mengatasi disk usage 100% di windows 10 dengan mudah dan benar. Dengan mencoba salah satu metode yang dijelaskan di atas, masalah tentang penggunaan disk 100% ini dapat diselesaikan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Tinggalkan komentar