Cara Membuat Footnote Di Microsoft Word Mudah Banget

Setiap penulis seringkali menggunakan footnote atau catatan kaki yang ada di Word. Footnote sendiri memiliki fungsi penting dalam pembuatan dokumen, dengan adanya footnote, tulisan yang dijadikan referensi lebih memiliki sumber maupun makna yang cukup jelas.

Penulisan footnote wajib dicantumkan dalam penulisan skripsi, tesis, dan karya tulis ilmiah lainnya, dengan footnote dokumen penulisan karya tulis ilmiah menjadi lebih teratur dan mudah untuk dibaca.

Selain manfaatnya agar memudahkan para pembaca dan pencantuman sumber atau referensi yang jelas, penggunaan footnote juga untuk menghindari adanya plagiasi atau pengutipan kata secara langsung untuk penulisan karya tulis ilmiah. Hal tersebut dianggap sebagai bentuk tanggung jawab penulis terhadap karya penulisan yang dibuatnya.

Penggunaan footnote pada Word dapat dikatakan mudah untuk diterapkan pada dokumen penulisan, bisa langsung menerapkan berbagai langkah yang langsung terakses tanpa harus membuat ribet penggunaanya.

Penggunaan Footnote Di Word Apakah Mudah atau Ribet?

Penggunaan footnote terbilang mudah untuk diterapkan dari pada langkah-langkah dalam pembuatan sub menu lain yang ada di Word. Caranya cukup hanya memperhatikan langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Klik atau letakkan kursor yang diinginkan pada catatan kaki atau footnote, atau bisa juga langsung menekan shortcut tombol Alt + CTRL + F pada keyboard secara bersamaan.
  2. Menu footnote terdapat pada tab menu References, kemudian pilih Insert Footnote.
  3. Kemudian masukkan kata-kata yang diinginkan pada footnote.
  4. Langkah terakhir, yakni kembali pada dokumen awal yang diinginkan dengan mengklik ganda pada angka atau simbol di awal footnote.

Footnote pada dokumen di word biasanya disertakan berupa catatan penting dalam bentuk kata atau kalimat yang dapat dijelaskan secara terperinci. Penggunaan footnote oleh pengguna sangat mudah untuk dilakukan, langkahnya-pun tidak ribet. Hanya dengan menekan beberapa sub menu yang berada pada sub menu aplikasi microsoft word, dan secara otomatis footnote dokumen tersebut akan langsung tercantum.

Selain langkah-langkah diatas terdapat juga cara lain dalam membuat footnote secara sederhana dan ringkas.

  1. Meletakkan kursor pada kata atau kalimat yang ingin ditambahkan footnote.
  2. Mengklik menu References dan memilih AB1 Footnote.
  3. Setelah itu pengguna langsung dapat mengisi footnote di bagian bawah dokumen.

Singkatnya membuat footnote juga bisa menggunakan cara dengan menekan tombol Alt + CTRL + F pada keyboard, dan untuk melakukan kustomisasi mengenai ukuran dan spasi pada penulisan footnote bisa dengan klik kanan pada footnote, lalu pilih Style, pilih Modify.

Kerapian dalam membuat footnote juga perlu diperhatikan. Banyak penulis yang mengutip menggunakan footnote pada tulisannya, namun tidak paham akan urutan penulisan mana dulu dalam penulisan footnote. Penulisan footnote biasanya bersumber dari buku, jurnal, artikel maupun web dari internet. Seperti contoh penulisan footnote dari buku terdiri dari Nama Penulis, Judul buku, Tempat Penerbitan dan Penerbit buku, Tahun terbit, Nomor halaman dan diakhiri dengan titik. (Rara, Pelangi Di Awan, (Surabaya : Pena, 2018), 18.)

Langkah dalam membuat footnote di atas dipastikan dapat menjadi cara mudah bagi penulis karya tulis ilmiah. Tutorial mudah dan praktis untuk dipahami, di word siapapun bisa mudah untuk mengoperasikan berbagai macam penulisan footnote, mulai dari cara yang sedikit ribet hingga cara simple dengan menggunakan beberapa tombol pada keyboard komputer.

Tinggalkan komentar